Hello readers ! v3 - chan kembali berbagi tutorial nih ^^ Kali ini kita akan membuat game berupa Puzzle sederhana berbasis Android.
Yang perlu readers sekalian persiapkan sebelum mengikuti Tutorial adalah sbb:
1. Software Adobe Flash CS6
2. Gambar yang akan dijadikan puzzle
3. Software Adobe Photoshop (Untuk memotong gambar/image menjadi beberapa keping. Tutorialnya di sini.
4. Action Scripts yang udah v3-chan sediakan di dalam folder " com ". Download disini
Tutorial:
1. Jalankan / run software Adobe Flash
4. " Save as " flash document yang baru saja kamu buat!
*Sangat disarankan untuk menyimpan file tersebut ke dalam satu folder.
5. Import semua gambar/image untuk kepingan puzzle kamu! " File >> Import >> Import to Library ... >> Select Image >> Open "
*Pada tutorial ini, v3-chan sengaja menggunakan 4 keping gambar/image biar g rempong pas coding .. :P
6. Drag semua gambar/image yang ada di library ke stage, lalu susunlah kepingan gambar seperti keadaan semula. *Lihat photonya unyu kan, ada hikaru kun ama wyn chan nya >.<
7. Click kanan pada salah satu kepingan gambar, kemudian pilih " Convert to Symbol ... " Nama symbol harus berbeda, alias tidak boleh ada nama yang sama! lalu pastikan juga type yang digunakan adalah "Movie Clip".
lakukan hal yang sama untuk kepingan gambar lainnya! ^^
8. Langkah selanjutnya adalah pemberian Instance Name pada masing-masing symbol ! Ingat, nama Instance-nya tidak boleh ada yang sama yah!
*Jika menu properties kamu tidak ada di workplace, cukup click " window " yang ada di menu bar, lalu centang "Properties".
9. Select seluruh kepingan gambar kamu lalu copy dan paste di sebelahnya.
Sekarang kita punya 2 group gambar, segera rubah seluruh instance name pada gambar di group A agar tidak "bentrok" dengan Instance name gambar di group B.
10. Rubahlah "color effect" seluruh gambar di group A, dengan style: "Tint", seperti pada gambar berikut ini
11. Acaklah susunan untuk gambar di group B.
12. Langkah selanjutnya yaitu mencatat posisi x dan y (Khusus Group A), dan nama instance group A dan B.. (Biar lebih mudah, catat di kertas aja).
![]() |
| contoh penamaan instance |
![]() |
13. Sebelum masuk ke code, pastikan flash document (.fla) kamu berada di folder yang sama dengan folder yang kamu downlad sebelumnya ( folder .com )
14. Buatlah Layer baru (Layer 2), kemudian click frame 1 pada Layer 2 lalu click "F9" untuk masuk ke action script!
15. Copy Paste code di bawah ini pada action script kamu.
import com.*;
stop();
var dragArrayPuzzle:Array = [];
var matchArrayPuzzle:Array =[];
var posArrayPuzzle:Array = [];
var dragGamePuzzle:DragGame = new DragGame(stage, dragArrayPuzzle, matchArrayPuzzle, posArrayPuzzle);
dragGamePuzzle.addEventListener(DragGame.MATCH_MADE, onMatchPuzzle);
dragGamePuzzle.addEventListener(DragGame.NO_MATCH, onFlubPuzzle);
dragGamePuzzle.addEventListener(DragGame.ALL_DONE, onDonePuzzle);
function onMatchPuzzle(event:Event):void {
}
function onFlubPuzzle(event:Event):void {
}
function onDonePuzzle(event:Event):void {}
17. Kreasikan tampilan game mu, seperti menambahakan effect suara dan juga background. (Bila ingin menambahkan background dan object dekorasi, buatlah layer baru dan taruh layer tersebut di urutan paliiing bawah!)
| Menambahkan effect suara pada ketiga event (match, flub, & done) |
| Object suara yang telah diimport ke library dan telah diberi AS Linkage sesuai dengan yang di Action Script |
18. Selanjutnya menambahkan ' timer ' pada puzzle
| Atur kembali tampilan puzzle sesuai keinginan |
19. Kemudian buat frame baru untuk scene ' game over '.
jangan lupa untuk menambahkan action script -> stop(); pada frame yang baru dibuat tadi.
20. Tambahkan code berikut pada action script frame1.
import flash.events.TimerEvent;
import flash.utils.Timer;
var mins:Number = 1;
var secs:Number = 0;
var waktu:Timer = new Timer(1000);
menit.text=""+mins;
detik.text=""+secs;
waktu.addEventListener(TimerEvent.TIMER,handTimer);
waktu.start();
function handTimer(e:TimerEvent):void{
if(waktu!=null){
if(secs ==00){
if(mins ==00){
waktu.stop();
if (contains(piece1)){
removeChild(piece1)
}
if (contains(piece2)){
removeChild(piece2)
}
if (contains(piece3)){
removeChild(piece3)
}
if (contains(piece4)){
removeChild(piece4)
}
gotoAndStop(2);
}else{
mins --;
secs =59;
menit .text=""+mins;
detik .text=""+secs;
}
}
else{
secs --;
detik.text=""+ secs;
}
}
}
21. Pada Action Script Layer 1 Frame 1, di bagian function onDonePuzzle, tambahkan script -> " waktu.stop();" Sehingga timer dapat berhenti pada saat puzzle selesai di kerjakan.
22. Yaaaaaaaay! it's done. So, simple right... :)
Sekian dulu tutorial dari saya... Semoga postingan ini dapat memberikan manfaat untuk readers sekalian !
Ooo iya, Untuk mem-publish dokumen kedalam bentuk .apk (paket aplikasi android) akan v3 bahas di postingan selanjutnya.. See ya!
22. Yaaaaaaaay! it's done. So, simple right... :)
Sekian dulu tutorial dari saya... Semoga postingan ini dapat memberikan manfaat untuk readers sekalian !
Ooo iya, Untuk mem-publish dokumen kedalam bentuk .apk (paket aplikasi android) akan v3 bahas di postingan selanjutnya.. See ya!
Best Regards: V3-chan







No comments:
Post a Comment